Tokoh Populer di Twitter Tahun Ini: Jokowi, Ahok dan Setnov

JAYABAYA.AC.ID, JAKARTA - Ahok, Jokowi, dan Papa Setnov, adalah tiga dari sepuluh nama politisi Indonesia yang ramai diperbincangkan di Twitter. Untuk tokoh politik dengan topik terbanyak sepanjang 2017, nama Ahok masih menduduki puncak klasemen.

Kasus mobil yang menabrak tiang listrik pun berhasil melambungkan nama Setya Novanto (Setnov) dalam perbincangan netizen di Twitter. Tagar #SaveTiangListrik bahkan menjadi tagar ketiga terpopuler setelah #FreeAhok dan #DebatPilkadaDKI1.

Nama Ahok tadi, lantas disusul oleh Jokowi (@jokowi) di tempat kedua sebagai akun yang paling sering dibicarakan. Anies Baswedan (@aniesbaswedan) duduk di tempat ketiga. Sementara, Papa Setnov (@sn_setyanovanto) harus puas bertengger di tempat kelima setelah Fahri Hamzah (@fahrihamzah).

Jokowi juga cukup kompetitif dengan nama tokoh dunia lain. Presiden Indonesia Joko Widodo alias Jokowi menjadi salah satu tokoh dunia yang paling dibicarakan di Twitter tahun ini. Akun @jokowi menempati tempat ke-10 dari 10 tokoh populer dunia.

Di tempat teratas tokoh populer dunia ini, Donald Trump (@realDonaldTrump) jadi tokoh yang paling sering menimbulkan perbincangan di jagat Twitter. Di tempat kedua ada Perdana Menteri India, Narendra Modi (@narendramodi) dan Presiden Venezuela, Nicholas Maduro (@Nicholas Maduro).

Dengan followers yang berjumlah 9,14 juta, akun @jokowi, ia kerap kali diperbincangkan. Baik dari sisi kebijakan maupun kehidupan keluarganya yang diekspos melalui vlog Presiden di Youtube.

Pernikahan antara putri semata wayang pria yang sebelumnya menjadi walikota Solo tersebut yaitu Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution juga menyedot perhatian netizen dan menjadi salah satu dari sepuluh momen yang #RameDiTwitter tahun ini.

Dilansir CNN Indonesia, Jelang akhir tahun, Twitter berbagi berbagai tren yang terjadi di platformnya dalam setahun terakhir. Tagar #RameDiTwitter adalah kumpulan hal fenomenal yang terjadi di platformnya sepanjang tahun 2017.

Posted in Bewara on Dec 07, 2017


Share to :