Perguruan Tinggi Perlu Adopsi Perkembangan Teknologi Digital

JAYABAYA.AC.ID, JAKARTA - Perguruan tinggi harus lebih peka dan adaptif dalam menghadapi tantangan dengan mengadopsi perkembangan teknologi digital, kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

"Salah satunya dengan mengadopsi perkembangan teknologi digital dengan kecerdasan. Dengan mengubah data menjadi informasi yang mudah dan murah," ujar Puan saat orasi ilmiah pada Dies Natalis Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) di Jakarta, Kamis.

Disrupsi merupakan perubahan besar dan mendasar. Semua berlomba menciptakan inovasi dan kreativitas untuk mendapatkan keuntungan dalam mengembangkan organisasi, jelasnya, dilansir Antaranews.

Terdapat empat indikator dari disrupsi yakni lebih mudah, lebih murah, lebih terjangkau dan lebih cepat. Puan juga menambahkan bahwa era disrupsi mengubah dunia menjadi lebih baik sedangkan yang disrupsi yang tidak siap akan mengacaukan masyarakat karena pengetahuan yang tidak cukup.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0, yakni dengan memperkuat revitalisasi vokasi berbasis teknologi informasi, pemanfaatan teknologi digital untuk memacu produktivitas industri kecil menengah, membangun infrastruktur teknologi digital hingga memfasilitasi inovasi teknologi melalui pengembangan perusahaan rintisan.

Dalam acara itu, Puan juga berharap para wisudawan untuk tetap menunjukkan peran dan jati diri sebagai agen perubahan sesuai dengan bidang masing-masing. Perkembangan teknologi informasi memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berperan aktif di semua bidang.

"Kalian harus siap memenangkan kompetisi dengan mengembangkan inovasi," imbuh Puan.

Posted in Bewara on Apr 15, 2019


Share to :