Lambang

ARTI LAMBANG

UNIVERSITAS JAYABAYA

 

  1. Lambang Jayabaya berbentuk pundi-pundi yang berleher merah putih dan beralas tahun 1958 yang berarti bahwa Universitas Jayabaya memiliki kekayaan materiil dan spirituil yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

  1. Lambang merah putih memberikan arti bahwa kiprah yang dilakukan Universitas Jayabaya didasarkan pada falsafah negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dan dijiwai oleh semangat Kesatuan Negara Republik Indonesia, yaitu turut serta mewujudkan cita-cita kemerdekaan dan membangun Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila. 

  1. Warna dasar kuning berarti segala kiprah Universitas Jayabaya dilakukan dengan cara yang mulia, arif, dan bijaksana, dengan tujuan memberikan bekal kepada para peserta didiknya agar kelak bersifat mulia, arif dan bijaksana. 

  1. Setangkai padi dan setangkai kapas melambangkan bahwa segala kiprah Universitas Jayabaya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa. 

  1. Jumlah butir padi (17) digabungkan dengan jumlah bunga kapas (8) dan wadah obor serta penyangganya (4/5) melambangkan tanggal Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

  1. 1958 adalah tahun permulaan Yayasan Jayabaya melaksanakan kegiatan melalui pengabdiannya dalam bidang pendidikan. 

  1. Tempat obor yang terdiri dari atas tiga kotak melintang dan satu kotak tegak lurus memberi arti, bahwa ketiga kotak yang melintang melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang pelaksanaannya dilandasi oleh keimanan yang satu terhadap Tuhan Yang Maha Esa ( satu kotak tegak lurus ). 

  1. Buku terbuka warna putih dengan huruf (UJ) di tengah, berarti Jayabaya merupakan tempat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tempat mengemukakan pendapat secara jujur dan benar. 

  1. Nyala api berwarna merah memberi arti Jayabaya merupakan wadah dan medan juang untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan kualitas hidup dan martabat manusia Indonesia dengan penuh keberanian atas dasar kebenaran. 

  1. Bunga kapas warna putih dan hijau, melambangkan Universitas Jayabaya memberikan tuntunan kepada insan dimulai dari ketidaktahuan (warna hijau) hingga mencapai puncak pengetahuan dan ketrampilan yang tertinggi (warna putih). Padi berwarna kuning emas, melambangkan tujuan akhir pengabdian Universitas Jayabaya dibidang pendidikan adalah membentuk manusia Indonesia yang mempunyai kematangan iman dan ilmu.