Lembaga Marketing dan Humas

Lembaga Marketing dan Humas (LMH) merupakan salah satu lembaga yang ada di Universitas Jayabaya yang kedudukannya berada di bawah Rektor. Sebelum Lembaga ini didirikan pada tahun 2007, Hubungan Masyarakat dan Marketing merupakan biro yang masing-masing berdiri sendiri. Dengan dibentuknya Lembaga Marketing dan Humas ini, diharapkan program-program kegiatan kehumasan dan marketing dapat dipadukan, sehingga program dan strategi pemasaran dengan aktivitas program kerja humas dapat disinergikan dalam upaya meluaskan pemasaran.

Program Lembaga Marketing dan Humas dititikberatkan untuk mencapai segmen pasar secara akurat dan secara strategis merencanakan penguasaan pasar. Artinya dalam menghadapi era pasar bebas yang kompetitif, maka target Lembaga Marketing dan Humas lebih diarahkan pada pemenuhan kepentingan dan peningkatan kepuasan konsumen, yang dalam hal ini adalah para mahasiswa. Dengan berorientasi kepada kepentingan mahasiswa, diharapkan Universitas akan memperoleh nilai kepercayaan yang tinggi, khususnya dari para mahasiswa dan umumnya dari masyarakat luas. Sehingga dengan demikian, secara umum Lembaga Marketing dan Humas Marketing Universitas Jayabaya adalah melakukan proses merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program yang mendorong pembelian dan kepuasan pelanggan melalui komunikasi informasi dan impresi yang kredibel dan sesuai dengan kebutuhan, keinginan, perhatian dan kesan para mahasiswa.

Keberadaan Lembaga Marketing dan Humas di Universitas Jayabaya, diharapkan :

  1. Mampu dalam membangun brand awareness dan brand knowledge (meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang Universitas Jayabaya);
  2. Memiliki potensi untuk membangun efektivitas pada area ”increasing category usage” dan “icreasing brand sales”;
  3. Dalam beberapa hal dianggap lebih hemat biaya bila dibandingkan dengan perusahaan memasukkan produknya melalui iklan. Lebih cost-effective dari biaya media yang semakin meningkat.

 

Sejalan dengan hal di atas, Lembaga Marketing dan Humas menjalankan fungsi-fungsi sebagai berikut :


  1. Publikasi
    Lembaga Marketing dan Humas dapat melakukan publikasi materi untuk mempengaruhi dan menarik calon mahasiswa baru. Yang termasuk di dalamnya membuat laporan tahunan, brosur, artikel, koran perusahaan, majalah dan materi audiovisual.

  2. Identitas Media
    Lembaga Marketing dan Humas dapat membuat identitas lembaga yang bisa dikenal oleh masayarakat dengan mudah. Misalnya: logo lembaga, alat-alat tulis, brosur, tanda, formulir perusahaan, kartu nama, bangunan, seragam dan peraturan pakaian.

  3. Event
    Lembaga Marketing dan Humas dapat terlibat pada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap lembaga, yakni antara lain dengan cara mengadakan acara khusus seperti wawancara, seminar, pameran, kompetisi, kontes dan ulang tahun dari barang itu supaya dapat menjangkau masyarakat luas.

  4. Berita
    Salah satu dari tugas utamanya Lembaga Marketing dan Humas adalah untuk membuat ataupun menemukan acara yang sesuai dengan lembaga, produknya, orang-orangnya atau pegawainya, dan membuat media tertarik untuk memuat berita press release dan hadir dalam press conference (konferensi pers).

  5. Pidato
    Lembaga Marketing dan Humas dapat menyusun naskah pidato dalam berbagai event, misalnya pada saat pelantikan mahasiswa baru atau pada saat dies natalis dan wisuda. Hal ini diharapkan dapat menjawab setiap keperluan dan rasa ingin tahu masyarakat terhadap lembaga.

  6. Public-Service Activities (Berperan serta dalam aktivitas sosial)
    Lembaga Marketing dan Humas bisa membangun image lembaga yang positif dengan cara melaksanakan bakti sosial atau aktivitas-aktivitas lain yang bernilai positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

  7. Sponsorship
    Lembaga Marketing dan Humas dapat melakukan kegiatan pemasaran melalui  kegiatan mensponsori berbagai acara yang akan meningkatkan citra positif lembaga. ***