Sesdilu Jajaki Sistem Pembelajaran Jarak Jauh

JAYABAYA.AC.ID, JAKARTA - Demi mewujudkan visi education for all, UPT Sesdilu tengah mempelajari model penyampaian materi diklat secara daring. Banyak tantangan di depan mata, namun sistem ini nyaris tak terelakkan.

Direktur Sesdilu, Aji Surya, pada kesempatan Workshop Pembelajaran Daring yang diselenggarakan oleh UPT Sesdilu pada 9-11 Maret 2018, mengatakan, "Kondisi zaman now dimana mutasi diplomat cukup cepat dan keterbatasan daya tampung kelas, menjadikan sistem pembelajaran jarak jauh secara online salah satu pilihan."

Workshop menghadirkan narasumber dari Universitas Terbuka, yaitu Dr. M. Gorky Sembiring, Adi Susilo PhD dan Rahayu Dwi Riyanti M.A. Selama dua hari, dikaji secara cermat plus minusnya pembelajaran daring bagi diklat berjenjang, khususnya Sesdilu.

"Kami menggandeng Universitas Terbuka karena mereka sudah sangat berpengalaman menyelenggarakan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (SPJJ) sejak tahun 1991," ujar Meity, Staf Diplomat UPT Sesdilu, seperti dilansir laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Dalam workshop tersebut, para narasumber memaparkan aneka Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (SPJJ) yang sudah dilaksanakan di banyak negara, termasuk Indonesia. Bahkan ada kesimpulan awal, untuk materi pengetahuan di Sesdilu sangat mungkin diberikan secara daring.

Dr. Gorky Sembiring memaparkan, "Diklat Sesdilu ini unik karena materinya harus sangat kontekstual dan situasional pada setiap angkatan. Karenanya memerlukan metode pendidikan yang fleksibel seperti SPJJ."

Namun penerapan SPJJ juga butuh persiapan yang matang. Sesdilu harus menetapkan dulu materi apa saja yang akan dijadikan materi SPJJ jauh hari sebelumnya sehingga pada waktunya bisa diakses dari seluruh penjuru dunia.

Sementara itu, Adi Susilo Phd. mengatakan, "Metode SPJJ yang paling memungkinkan diterapkan di Sesdilu adalah SPJJ menggunakan multimedia terekam dalam bentuk video materi yang diunggah secara online."

Sesi diskusi dan tanya jawab menutup kegiatan workshop dengan menghasilkan kesimpulan bahwa sebagian materi Diklat Sesdilu yang termasuk komponen pengetahuan akan dijajaki untuk diberikan secara SPJJ online. Untuk itu akan dilaksanakan telaah teknis lanjutan agar pembelajaran sistem daring dapat berjalan lancar serta memenuhi standar kompetensi pendidkan.

Posted in Bewara on Mar 14, 2018


Share to :