Raja Swedia Ingin Pelajari Kota Bandung

JAYABAYA.AC.ID, JAKARTA - Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia akan berkunjung ke Indonesia pada 22-25 Mei mendatang. Selain mengadakan pertemuan bilateral di Istana Bogor, Raja Swedia juga akan ke Bandung dan makan siang dengan Wali Kota Ridwan Kamil.

Hal tersebut dinyatakan Direktur Eropa II Kementerian Luar Negeri RI, Tyas Baskoro Her Witjaksono Adji, seperti dilansir CNN Indonesia.

Lawatan Raja Swedia dan Sang Ratu ke Bandung ini berkaitan dengan pembahasan bidang riset dan teknologi, menurut Witjaksono. Sebab, Raja Swedia menganggap Kota Bandung sebagai salah satu kota inovasi yang menjadi salah satu pusat teknologi di Indonesia.

Di Bandung, Raja Swedia juga akan mengunjungi Institut Teknologi Bandung (ITB), salah satu kampus terbaik dalam bidang teknologi di Indonesia.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Swedia Bagas Hapsoro mengatakan, Swedia—sebagai pusat inovasi teknologi dunia, melihat Bandung sebagai salah satu kota yang telah menerapkan kota pintar dengan baik di Indonesia. Raja Swedia menganggap Wali Kota Ridwan Kamil sebagai salah satu inovator yang cukup berpengaruh di Indonesia.

Bagas Hapsoro menambahkan, "Bandung itu dinilai Swedia sebagai salah satu smart city di Indonesia yang tata kotanya cukup terintegrasi mulai dari masalah transportasi, energi, dan pengelolaan limbah. Raja Swedia tertarik membicarakan soal penerapan sistem pengelolaan limbah yang bisa menghasilkan sumber energi di Indonesia."

Posted in Bewara on May 19, 2017


Share to :