Perguruan Tinggi Indonesia Diminati Mahasiswa Asing

JAYABAYA.AC.ID, JAKARTA - Perguruan tinggi di Indonesia saat ini mulai banyak dilirik mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Dalam konsep World Class University, perkembangan jumlah mahasiswa asing yang menempuh studi di perguruan tinggi merupakan salah satu aspek yang digunakan untuk mengukur kesiapan dan mencerminkan kemampuan perguruan tinggi dalam menyelenggarakan program internasionalisasi untuk menghadapi persaingan global pendidikan tinggi.

"Sepanjang tahun 2016, sebanyak 6,967 Surat Izin Belajar telah diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi (PT). Surat Izin Belajar merupakan salah satu syarat utama bagi mahasiswa asing untuk memperoleh dokumen keimigrasian berupa Visa Pelajar dan Izin Tinggal Terbatas atau ITAS yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM," ujar Patdono Suwignjo, Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEK DIKTI.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Ditjen Kelembagaan IPTEK DIKTI dengan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta (12/5/2017).

Dengan jumlah permohonan Izin Belajar bagi Mahasiswa Asing semakin meningkat, yaitu 150 – 500 permohonan setiap minggunya, diperlukan upaya perbaikan sistem dan prosedur layanan penerbitan izin belajar, jelas Patdono. Sebagai solusinya Ditjen Kelembagaan IPTEKDIKTI mengembangkan aplikasi Penerbitan Izin Belajar berbasis daring.

Ia menambahkan, "Dengan aplikasi Penerbitan Izin Belajar berbasis Daring, layanan penerbitan Izin Belajar Mahasiswa Asing akan lebih efektif, tidak menyita waktu, akuntabel dan efisien, sistem ini merupakan salah satu upaya kementerian dalam mendukung perguruan tinggi Indonesia dalam penyelenggaraan program Internasionalisasi." Demikian Ristekdikti.

Posted in Bewara on May 19, 2017


Share to :