LIPI Siap Gelar ISE 2019

JAYABAYA.AC.ID, JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menggelar ajang tahunan Indonesia Science Expo(ISE) 2019 atau pameran ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang kali ini mengambil tema Today and Beyond.

"Penyelenggaraan ISE 2019 menjadi momen komunikasi para peneliti serta pelaku dunia iptek dengan masyarakat luas dan Lewat penyelenggaraan yang rutin dilakukan di setiap tahun, ISE diharapkan menjadi barometer kemajuan iptek di tanah air," kata Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko di Gedung Widya Graha, LIPI, Jakarta, Senin (11/3).

Handoko menjelaskan, ISE 2019 merupakan ajang bagi para komunitas sains di Indonesia untuk menunjukkan apa yang selama ini sudah mereka kerjakan dan memberikan kesempatan kepada publik untuk menilai science yang telah diselesaikan.

"Kita akan melihat bagaimana sains di masa depan itu dan kemudian apa yang ada di negara kita menjadi potensi potensi yang bisa dikembangkan untuk sains secara keseluruhannya," ujar handoko, dilansir Infopublik.

Handoko berharap ISE 2019 akan di hadiri 80 ribu pengujung dari berbagai kalangan dan mampu menarik lebih kurang 1.000 peserta mancanegara karena ISE 2019 akan diisi dengan kegiatan konferensi ilmiah internasional dan nasional, berbagai workshop teknis, serta beragam ajang edukasi ilmiah untuk publik seperti Science Show, Science Art, dan Science Movie.

ISE 2019 akan menampilkan pameran iptek dan inovasi industri dari lembaga riset dan perguruan tinggi serta pameran karya ilmiah dari remaja dan anak-anak peserta kompetisi ilmiah Lomba Karya Ilmiah Remaja dan National Young Inventors Award (NYIA)‚Äč.

"Yang berbeda dari perhelatan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini perhelatan ISE berbarengan dengan penyelenggaraan International Exhibition of Young Inventor (IEYI) yang merupakan kompetisi ilmiah remaja internasional untuk mendorong inovasi dan penemuan dimana Indonesia menjadi tuan rumah," jelas Handoko.

ISE pertama kali digelar pada tahun 2015, ISE konsisten menjadi ajang untuk memperkenalkan hasil hasil terkini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia dan menjadi wadah bagi penyedia dan pemakai hasil riset di berbagai sektor.

Tahun ini, ISE akan diselenggarakan pada 23-26 Oktober mendatang di Indonesia Convention Exhibition BSD, Serpong, Tangerang, Banten.

Posted in Bewara on Mar 14, 2019


Share to :