Jabar Siapkan 5.000 Kursi Mudik Gratis ke Jateng dan Yogya

JAYABAYA.AC.ID, JAKARTA - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat menyiapkan sekitar 110 bus atau sekitar 5.000 kursi untuk program mudik gratis Lebaran 2018 yang diberangkatkan dari Bekasi, Bogor, Bandung, Sukabumi dan Cirebon.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, "Ini terkait bagaimana kita memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan mudik dari Provinsi Jawa Barat ke Provinsi Jawa Tengah."

Rute mudik gratis akan melayani pemudik dari Jawa Barat ke Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo.

Dedi Taufik, dilansir Antara, mengatakan, "Mudik gratis ini akan kami gelar pada 9 Juni karena diprediksi Idul Fitri atau lebaran tahun ini adalah tanggal 15 Juni 2018."

Demi mengantisipasi kepadatan di jalur mudik, khususnya Jawa Barat, Dinas Perhubungan Jawa Barat akan memberlakukan sistem plat nomor ganjil-genap di jalur mudik.

Dedi menambahkan, "Kami akan mengusulkan sistem ganjil-genap yang melintas ke wilayah Jawa Barat, prediksi ada kenaikan lima sampai sepuluh persen."

Wacana ini masih dibahas dan diusulkan kepada pemerintah pusat.

"Pertimbangan Dishub Jawa Barat mengajukan wacana ini, karena Jawa Barat merupakan daerah lintasan dan tujuan mudik. Apabila usulan disetujui, sistem ganjil-genap akan berlaku di Jawa Barat dari H-7 sampai H+7 lebaran," kata Dedi.

Posted in Bewara on Apr 17, 2018


Share to :