20 Juta Orang Terancam Kelaparan di Empat Negara

JAYABAYA.AC.ID, JAKARTA - Menurut laporan PBB, Rabu (9/8), lebih dari 20 juta orang terancam kelaparan di Yaman, Somalia, Sudan Selatan dan wilayah timur laut Nigeria.

Dilansir AFP, Dewan Keamanan PBB untuk kali pertama mendeklarasikan ancaman kelaparan secara langsung terkait dengan konflik bersenjata di negara-negara tersebut.

PBB menerangkan, "Dewan Keamanan mencatat dampak berbahaya terhadap warga sipil dari konflik bersenjata dan aksi kekerasan yang kini terjadi."

Deklarasi itu juga menyatakan Dewan Keamanan juga menegaskan keprihatinan mendalam bahwa konflik dan aksi kekerasan saat ini memicu konsekuensi berbahaya terhadap kemanusiaan dan menghambat bantuan kemanusiaan berjalan efektif dalam jangka pendek, menengah dan panjang, dan oleh karena itu merupakan penyebab utama kelaparan dalam situasi tersebut.

Dewan Keamanan menyerukan kepada semua pihak yang terlibat konflik untuk menghormati dan melindungi fasilitas dan personel medis dan sarana transportasi dan peralatan yang mereka gunakan.

DK PBB kemudian menyerukan kepada semua pihak di Yaman, Sudan Selatan, Somalia dan Nigeria timur laut untuk segera mengambil langkah yang akan memungkinkan bantuan kemanusiaan berjalan lebih efektif. Demikian Antara.

Posted in Bewara on Aug 11, 2017


Share to :